Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) No 1
Nama Sekolah : SMA Negeri 52 Jakarta
Mata Pelajaran : Sejarah
Kelas /Semester : XII. IPA / 1
Pertemuan ke : 1
________________________________________
Standar Kompetensi : Merekonstruksi perjuangan bangsa Indonesia sejak masa
Proklamasi sampai masa Reformasi.
Kompetensi Dasar : Merekonstruksi perkembangan masyarakat Indonesia pada
masa Orde Baru.
Indikator :
=Mendeskripsikan dan menganalisis latar belakang lahirnya Orde Baru.
=Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kekuasaan Orde Baru.
I. Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses belajar mengajar selesai diharapkan siswa mampu :
=Mendeskripsikan dan menganalisis latar belakang lahirnya Orde Baru.
=Mendeskripsikan dan menganalisis perkembangan kekuasaan Orde Baru.
II. Materi Ajar :
=Masa Pemerintahan Orde Baru.
III. Metode Pembelajaran :
=Kombinasi Metode Pembelajaran.
IV. Langkah-langkah Pembelajaran :
1. Kegiatan awal :
A. Apersepsi : Guru memperkenalkan mata pelajaran sejarah kepada siswa dan memberikan pengarahan tentang pelajaran sejarah yang akan dipelajarinya. Guru juga menjelaskan kompetensi dasar dari materi pokok perlajaran yang akan diajarkannya.
B. Motivasi :
memberikan dorongan kepada siswa agar dapat memahami lebih luas lagi tentang hakikat dan ruang lingkup ilmu sejarah dan lebih aktif untuk mencari sendiri serta dapat membandingkan materi tersebut antara buku yang satu dengan buku yang lainnya.
2. Kegiatan Inti :
A. Eksplorasi :
=Guru menjelaskan materi pokok pelajaran tentang masa Pemerintahan Orde Baru.
=Gurumembentuk kelompok dan memberikan materi diskusi kepada setiap kelompok untuk didiskusikan dengan kelompoknya masing-masing secara kooperative.
=Kelompok mengemukakan hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
=Kelompok menyerahkan kepada guru hasil diskusi dilengkapi dengan kesimpulan.
B. Konsolidasi Pembelajaran :
=Siswa mampu mendeskripsikan dan menganalisis masa Pemerintahan Orde Baru.
=Siswa mampu mengemukakan hasil diskusi serta mengemukakan pendapat-pendapat yang berhasil ditemukan dalam diskusi tersebut.
=Siswa mampu merumuskan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan kelompok lainnya dalam diskusi tersebut.
C. Pembentukkan sikap dan perilaku :
=Siswa dapat menunjukkan sikap dan perilaku baik dalam berdiskusi dan bekerja kelompok.
=Siswa dapat berdiskusi dengan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar.
3. Kegiatan akhir.
A. Repleksi :
Guru memberikan kesimpulan tentang penjelasan materi pokok pelajaran
Guru memberikan kesimpulan tentang hasil diskusi yang dilaksanakannya
B. Penilaian :
Kognitif yaitu melalui pertanyaan lisan maupun tertulis
Afektif yaitu melalui keseriusan siswa untuk mengetahui berbagai masalah yang terjadi di dalam pelajaran sejarah dengan cara bertanya tentang materi yang belum jelas dipahaminya.
C. Penugasan :
Menugaskan masing-masing siswa untuk membuat rangkuman dari beberapa buku yang terkait dengan materi pelajaran yang dibacanya atau materi pokok pelajaran selanjutnya.
V. Alat / Sumber belajar :
Alat : -
Sumber : Buku Sejarah Indonesia untuk SMA Kelas XII Program IPA,
I Wayan Badrika, Penerbit Erlangga
Buku Sejarah Nasional Indonesia, Nugroho Notosusanto, dkk.
Depdikbud.
Sejarah Indonesia Modern (1200-2004), M.C. Ricklefs,
PT. Serambi Ilmu Semesta.
VI. Penilaian : Butir soal.
Jelaskanlah latar belakang lahirnya Orde Baru ?.
Bagaimanakah perkembangan kekuasaan Orde Baru ?.
Mengetahui, Jakarta, Juli 2008
Kepala SMA Negeri 52 Jakarta Guru Mata Pelajaran,
Drs. Syafruddin Yusuf Dahri Iskandar, S.Pd, MM.
Kegiatan Berbagi Praktik Baik dan Rencana Tindak Lanjut
4 minggu yang lalu
Tidak ada komentar:
Posting Komentar